Friday, February 13, 2009

Happy Blogging


\"Tahu mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari....\" Demikian kutipan sebait kalimat dari novel tetralogi Bumi Manusia karangan sastrawan (katanya Lekra) Pramoedya Ananta Toer.
 
Teman-teman mobinesse yang saya sayangi, saat ini kegiatan menulis rupanya sudah banyak dilakukan orang karena beragamnya media yang bisa digunakan. Anda bosan ngorat-ngoret buku diary? Anda merasa ribet menulis di atas batu, kayu, kulit sapi, atau di atas daun lontar? (masih ada ya? Hehe) Sekarang ada cara yang lebih canggih, blogging. Tau kan blogging? Yang seperti di mobinessia ini contohnya ;p Blogging menurut sejarahnya (dapat info dari uncle wikiped) pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Kalau boleh aku persingkat, intinya tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai media menulis. Tentang tema dan topik yang dituliskan dalam sebuah blogpun biasanya beragam. Semua topik sah-sah saja ditulis asal tepat tempat, situasi dan kondisi. Ada yang religi, sains, sospol, sastra, ataupun sekedar curhatan (seperti sebagian besar blogku). Yang parno nih, kulihat di mobinessia ini –kemarin baca blognya lalapret- kebanyakan usernya pada ketakutan ngeblog karena takut tulisannya jelek, apalagi bapak ownernya itu orang yang dikenal expert dalam hal kepenulisan. Ini dia, cobalah tiru saya yang cuek nulis di mana saja walaupun yang ditulis rata-rata nggak mutu semua. Toh saya tidak melanggar aturan mobinesse dan nabrakin mbak SARA, iya kan Pak admin? *kedip2* Aku pribadi sih memotifasikan menulisku sebagai katarsis, lumayan daripada pusing dipendam sendiri. Selain itu tulisanku juga digunakan sebagai wasiat dan kenang-kenangan, barangkali suatu saat nanti aku mendadak dipanggil Yang Punya Hidup, setidaknya aku meninggalkan sesuatu yang bisa dibaca orang lain dan dikenang meski aku sudah ga ada. Ihiks... *nanes* Ngomong-ngomong tentang blogging juga, ada ritual yang biasa aku lakonin kalau sedang internetan. Bloggie walking (kalau ga salah namanya begitu), adalah berselancar membaca beberapa blog berbeda –yang beruntung terbaca- diantara milyaran blog yang tersebar di maya pada. Aku pribadi tidak apatis terhadap tema dan konsep yang diusung oleh ownernya, asalkan menarik biasanya akan kubaca. Kata beberapa teman-temanku sih kurang kerjaan, menghabiskan waktu. Tapi nggak buatku, membaca pikiran orang yang tertuang lewat tulisan bisa juga digunakan sebagai sarana pembelajaran. Belajar kan bisa dari siapa saja dan darimana saja, bahkan dari seekor anjing sekalipun. (catat: ini seumpama ada anjing yang bisa ngeblog lho).
 
Nah teman-teman mobinesse semua, mulai sekarang jangan takut blogging lagi. You can write everything in your mind, even people sometimes call it rubbish. Sebodo amat yak asal kita tetap berpegang pada rule yang berlaku. Happy blogging...
 
Motifasi ngeblog hari ini: membantu katri meramaikan mobinesia *gigi*
 
 
By: nanabrownies
As posted on www.MobineSSia.com

No comments: