Friday, November 16, 2012

Sekolah Pesawat Terbang

Seorang guru TK di USA membeli sebuah pesawat terbang bekas untuk dijadikan ruangan kelas belajar. Wooow keren yak. Dia bilang dengan kelas yang tidak biasa ini diharapkan anak-anak akan lebih betah berada di kelas untuk bermain dan belajar. Soalnya anak kecil biasanya kan suka bosen terus nangis di kelas, apalagi kalau kelasnya ngebosenin hihihi... (sumber: Apa Kabar Indonesia Pagi)

Menurut saya ini adalah ide yang menarik, dengan kelas pesawat terbang memang benar anak gak akan mudah bosen plus mereka bisa belajar yah setidaknya nekan-nekan tombol di kokpit. Intinya sesuatu yang nggak biasa dibandingkan sekolah model jadul di negara kita. Jadi ingat juga sekolah Toto Chan yang terkenal itu, kan mereka juga pakai kereta api buat ruang sekolah. Tapi tentunya bukan hanya bentuk sekolah (kapal terbang/ kereta api) saja yang bikin sekolah itu menarik. Model pembelajaran yang gak umum juga merupakan nilai plus dibandingkan sekolah konvensional biasa. Sekolah Toto chan misalnya lebih mengutamakan pada pendekatan karakter, see.. mereka ga melulu fokus pada pelajaran yang kelihatan mata seperti baca tulis hitung doang tapi sudah ke bagaimana anak-anak bisa nyaman belajar sesuai dengan apa yang mereka inginkan, sesuai dengan karakter mereka masing-masing. Jadi nggak ada tuh yang namanya belajar di kelas semuanya duduk rapi terus ibu guru teriak sana sini. Apa lagi PR halah *gigi*

Saya pernah bekerja sebagai observator anak-anak kecil ini di salah satu sekolah elit di Surabaya. Menarik tapi juga sekaligus merasa kasihan karena ngelihat mereka rasanya beraaat banget bebannya. Uda pelajarannya banyak, hapalannya banyak, fullday pula hahaha yang sudah dewasa aja bisa berasap otaknya, gimana anak kecil-kecil ini.

Kelak kalau punya anak sendiri jadi gak pengen masukin mereka ke sekolah begitu. Pingin masukin ke sekolah alam (yah setidaknya gak melulu di kelas) atau sekolah-sekolah yang punya model unik. Saya pingin seumuran mereka diisi dengan main bukan pressure di kelas.

Haduuh jadi pengen bikin sekolah sendiri *guling-guling*

By: nanabrownies
As posted on www.MobineSSia.com

No comments:

Post a Comment