Monday, November 28, 2011

Yang "Unik" Seputar Sepakbola Indonesia

Banyak perkembangan yang terjadi seputar sepakbola Indonesia, dari gagalnya Indonesia meraih juara dalam dua event berbeda di Asia Tenggara, sampai bergulirnya dua kompetisi profesional yang masing-masing mengklaim sebagai kompetisi yang sah. Berikut ini adalah beberapa hal-hal "unik (?)" seputar sepakbola Indonesia. 1. Timnas Indonesia dua kali berturut-turut lolos kebabak final dalam dua event berbeda, bertemu dengan negara yang sama yaitu Malaysia, dan gagal meraih juara.

2. Seorang ketua umum pernah memimpin PSSI dari balik penjara.

3. Ada dua liga sepakbola profesional yang mengklaim paling fair.

4. Pernah ada liga profesional yang hanya berjalan setengah musim tanpa kelanjutan.

5. Pernah ada liga profesional tertinggi yang diikuti klub-klub sepakbola baru tanpa melalui jenjang terendah.

6. Pernah ada klub-klub sepakbola profesional yang pemainnya dicarikan dan digaji oleh penyelenggara kompetisi.

7. Pernah ada klub-klub sepakbola profesional yang terbentuk menjelang kompetisi berputar kemudian lenyap seiring terhentinya kompetisi yang hanya berjalan setengah putaran.

8. Ada klub yang terbelah dua, yang masing-masing pihak mengklaim sebagai yang asli, keduanya ikut dalam dua kompetisi berbeda.

Itulah beberapa hal "unik (?)" yang pernah dan sedang terjadi di Indonesia. Hal ini tentu mengkhawatirkan dan berpotensi menimbulkan perpecahan. Padahal seharusnya Sepakbola mempersatukan bangsa, bukan malah memecah-belah. Itulah kalau kepentingan kelompok lebih diutamakan ketimbang kepentingan bangsa, kepentingan nasional.

By: azhasim
As posted on www.MobineSSia.com

No comments:

Post a Comment